Dinas Kominfo Kabupaten Jembrana Gelar Pembinaan KIM

Jembrana, (NSKLB) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara pada Selasa (22/12/2020). Acara yang berlangsung di tempat budi daya ikan lele dengan sistem Bioflak ini, dibuka Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi, I Wayan Agus Ariawan, S.Kom mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya, hadir dalam acara tersebut sejumlah perwakilan KIM yang ada di Jembrana serta Sekretaris Lurah Baler Bale Agung, I Wayan Suarna, S.Pd.
Pembinaan KIM kali ini dilaksanakan di tempat budi daya ikan lele dengan sistem Bioflak yang berlokasi di Jalan Jempiring No. 30 Baler Bale Agung, Kecamatan Negara dengan tujuan melihat secara langsung bagaimana sistem budi daya ini dan menjadikan kelompok ini sebagai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang baru.

Menurut Ketua Kelompok, Gusti Ketut Reka awal mula terbentuknya kelompok yang beranggotakan 10 orang ini adalah ingin memberdayakan anggota dan masyarakat disekitarnya melalui budi daya ikan lele yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan berharap kedepannya dapat memberikan nilai tambah bagi anggota dan masyarakat sekitarnya.

Sekretaris Lurah Baler Bale Agung, I Wayan Suarna, S.Pd mengharapkan dengan adanya kelompok ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat utamanya para anggota kelompok, sehingga dapat memotivasi tumbuhnya kelompok-kelompok masyarakat di wilayahnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Dinas Kominfo, I Wayan Agus Ariawan, S.Kom menyampaikan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangatlah dibutuhkan dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat, utamanya tentang program-program kebijakan pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten. KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat, untuk itu diperlukan pemberdayaan KIM untuk menyampaikan program-program pemerintah, begitu juga sebaliknya.

Dengan Pemberdayaan KIM di daerah sebagai wahana informasi dan juga sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, serta menghubungkan satu kelompok informasi masyarakat dengan kelompok lain.
Dalam acara tersebut juga, para anggota KIM dikenalkan dengan teknik budi daya kangkung dengan sistem aquaphonik yang menghadirkan narasumber Agung Wahyu. (HJ/AGP)

image_pdfimage_print
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *