“GUBERNUR WAYAN KOSTER DAN WAGUB COK ACE LETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN BLOK A DAN BLOK B PASAR SUKAWATI”

Bagikan:

NangunSatKerthiLokaBali-Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati melakukan peletakan batu pertama pembangunan Blok A dan Blok B Pasar Seni Sukawati di Gianyar, Senin (16/12). Menurut Gubernur, pembangunan Pasar Sukawati ini salah satu sarana prasarana yang menjadi prioritasnya di Bali untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya para pedagang.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan revitalisasi Pasar Seni Sukawati ini akan mengakomodasi para pedagang seni di Gianyar yang menjadi kekuatan ekonomi rakyat di Gianyar. “Saya kira ini akan menjadi satu model yang sangat bagus untuk mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan di kabupaten Gianyar,” kata Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini. Ia berharap pembangunan ini dapat segera selesai, tepat waktu dan hasilnya bagus. “Nanti penataannya dilakukan oleh Pak Bupati (Gianyar-red),” ujarnya.

Untuk memastikan pembangunan berjalan lancar, saat memberikan sambutan Gubernur Wayan Koster meminta pemenang tender untuk naik ke atas panggung. “Karena ada trauma dari Pak Presiden, setelah groundbreaking nggak ada kerjaan lanjutannya, jadi jangan sampai Bapak begitu,” kata mantan anggota DPR RI ini. Bahkan Gubernur meminta pembangunan pasar senilai 70,8 miliar ini bisa diselesaikan satu bulan lebih cepat dari seharusnya selesai 23 November 2020. “Yang satu bulan gunakan untuk rapi-rapi,” imbuhnya.

Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra mengatakan akan menugaskan instansinya di Pemkab Gianyar untuk ikut melakukan pengawasan karena menyangkut keberadaan 1570 pedagang di Kabupaten Gianyar. Ia meminta para pedagang bersabar selama pembangunan ini karena akan mendapatkan tempat yang lebih baik. Pasar Seni Sukawati ini dirancang ramah lingkungan dan dilengkapi parkir bawah tanah. “Ini akan jadi kelebihan dari toko oleh-oleh,” kata Bupati Mahayastra. Selanjutnya Ia berharap blok C bisa segera dilanjutkan dan dilakukan tender pada bulan Juni 2020 mendatang. Menurutnya keberhasilan revitalisasi Pasar Seni Gianyar tidak lepas dari peran Gubernur Bali Wayan Koster yang sudah membantu memperjuangkan bahkan sejak masih menjadi anggota Badan Anggaran DPR RI.

Dirjen Cipta Karya Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali, I Nyoman Sutresna mengatakan Pembangunan Pasar Sukawati terdiri dari dua bangunan yakni blok A dan Blok B dengan Luas lantai bangunan 9493,74 m2. “Blok A terdiri dari satu basement, empat lantai, jumlah los 785 unit dan kapasitas parkir 24 mobil sedangkan blok B terdiri dari satu basement dan tiga lantai jumlah kios 24 unit dengan kapasitas parkir 51 mobil,” ujarnya. Selain area dagang, pasar ini akan dilengkapi fasilitas penunjang seperti area bermain anak, ruang laktasi dan ramah bagi penyandang disabilitas.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *