Nyoman Kadel dan Rai Warsa Turba “Nebas” Ratu Gede

Bagikan:

NangunSatKerthiLokaBali.com – Dua politisi yang maju sebagai Caleg newcomer dari PDI Perjuangan tidak mau berpangku tangan setelah I Nyoman Kandel, SH ditetapkan terpilih sebagai Anggota DPRD Gianyar Dapil Tegallalang dan Payangan bersama I Made Rai Warsa sebagai Anggota DPRD Bali Dapil Gianyar. Duet Caleg yang dikenal sangat pro rakyat itu, kali ini Turba atau turun ke bawah mendampingi Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun Ngaturan Tebasan Ida Betara Ratu Gede di Pura Penataran Puser Tasik, Banjar Ponggang, Desa Puhu, Payangan, Gianyar, Rabu (5/6/2019) malam. Kehadiran pentolan PDI Perjuangan ini disambut sekitar 170 KK Desa Pakraman Ponggang yang datang langsung beserta jajaran SKPD Kabupaten Gianyar dan tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Bendesa Pakraman Ponggang, I Nyoman Tapa Adnyana mengakui pelaksanaan upakara matebasan pererai tapakan ini akan dilanjutkan dengan pangeratepan dan pasupatian saat Purnama Kapat yang akan datang. Ditegaskan upacara ini juga berkat perjuangan Nyoman Kadel dan Rai Warsa yang selalu mensupport kegiatan di masyarakat. “Kita mengucapkan terima kasih atas dukungannya Pak Kandel dan Pak Rai Warsa selama ini,” katanya seraya berharap pemerintah daerah juga bisa membantu sehingga Krama Desa Pakraman Ponggang bisa tuntas merehab atau memperbaiki tapakan. “Anggaran biaya menghabiskan sekitar Rp900 juta yang berasal dari punia dan urunan krama serta kegiatan penggalian dana kupon berhadiah dan sudah terkumpul dana Rp245 juta. Karena itu kita sudah mengajukan proposal untuk bantuan pemerintah,” imbuhnya.

Puncak karya panebasan ditandai secara simbolis oleh Wakil Bupati Gianyar didampingi Nyoman Kandel dan Rai Warsa, sekaligus menyerahkan dana punia Rp10 juta oleh Wakil Bupati Agung Mayun, sekaligus memastikan akan terus mensupport sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Gianyar sebagai Kota Budaya. “Bersama Bapak Bupati kita siap mendukung apapun aspirasi masyarakat gianyar terkait karya seperti di Desa Pakraman Ponggang yang ngeratep Ratu Gede Sesuhunan. Bersama Bupati juga akan terus mengawal aspirasi masyarakat, sekaligus berharap agar Gianyar selalu AMAN, karena sebagai Jagat Kuno dari dulu pusat pemerintahan di Kabupaten Gianyar juga butuh dukungan bersama masyarakat. Jadi selama 5 tahun ke depan kita mengucapkan terimakasih atas dukungan saat Pilkada Gianyar yang lalu,” tandasnya.

Sementara itu, Nyoman Kadel selaku tokoh masyarakat juga mengapresiasi warga yang sangat kompak melaksanakan karya panebasan tapakan untuk ngodakin (memperbaiki) Ida Betara Ratu Gede. Sekaligus juga mengucapkan terimakasih atas responsif Pemkab Gianyar bersama jajarannya yang diharapkan ke depan terus ditingkatkan. Apalagi selama ini program Pemkab Gianyar sangat menyentuh masyarakat sesuai dengan visi dan misi untuk melestarikan seni dan budaya. “Itu terbukti dari Pemkab Gianyar yang diwakili Bapak Wakil Bupati bersedia menghadiri karya panebasan sekaligus sanggup memberikan bantuan hibah, sehingga bisa meringankan beban masyarakat desa pakraman,” ujarnya sekaligus sebagai Caleg terpilih bersama Rai Warsa mengucapkan terimakasih atas dukung maksimal masyarakat saat Pileg dan Pilpres 2019, dimana Nyoman Kadel dan Rai Warsa beserta Presiden Jokowi mendapat dukungan mayoritas dan dipilih masyarakat. “Sekarang kewajiban saya membalasnya dengan mengabdi setulus hati, iklas dan berprinsip kerja tuntas,” tegasnya.

Di sisi lain, Rai Warsa yang kebetulan menjadi Caleg terpilih sangat salut atas kebersamaan masyarakat Pakraman Ponggang, terutama saat matebasan Ratu Gede, sehingga harus disupport dan kebersaman masyarakat ini harus didukung baik pemerintah kabupaten maupun provinsi. “Apalagi di Pemkab Gianyar, Pak Bupati sangat konsen dengan kegiatan yang menyangkut adat dan budaya, khususnya terkait upacara seperti ini. Ke depan kita juga meminta pemerintah daerah harus terus mensupport apa pun kegiatan masyarakat,” tambahnya. tim kbs

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *