Australia Puji Komitmen Gubernur Koster Jaga Lingkungan Bali

Bagikan:

NangunSatKerhiLokaBali – Komitmen Gubernur Bali Wayan Koster menjaga lingkungan alam Bali untuk mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali mendapat pujian dari Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan.

Dubes Gary Quinlan memberikan apresiasi terhadap kebijakan pembatasan sampah plastik yang dibuat Gubernur Bali Wayan Koster. Hal ini disampaikannya saat beraudiensi dengan Gubernur Koster di Ruang Tamu Gubernur, Kantor Gubernur Bali,  Denpasar, Kamis (24/10).

Dubes Gary Quinlan mengatakan persoalan lingkungan ini juga menjadi prioritas bagi pemerintah Australia. “Persoalan pencemaran sampah plastik di laut juga menjadi perhatian pemerintah Australia karena lautan ini kita gunakan bersama-sama,” kata Dubes Quinlan.

Bahkan Dubes memuji kemajuan yang dicapai Bali dalam menerapkan pembatasan sampah plastik khususnya bagaimana respon masyarakat Bali. Kesadaran masyarakat Bali menurutnya lebih bagus dalam penggunaan kantong plastik. “Bali lebih bagus karena konsumen bisa menerima, di Australia ketika supermarket menerapkan kebijakan ini masih ada tekanan dari konsumen,” ungkap Dubes Gary Quinlan.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan kebijakan pembatasan sampah plastik merupakan bagian dari upayanya menata pembangunan Bali secara fundamental dan komprehensif sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Sebagai destinasi dunia, di samping memberi manfaat, Bali juga menghadapi berbagai masalah seperti kerusakan lingkungan,” katanya.

Untuk menghadapi masalah itu, pihaknya membenahi sejumlah regulasi agar kebijakan berjalan permanen dan berkelanjutan. “Kebijakan (pembatasan sampah plastik-red) ini ternyata diikuti dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, tambah Gubernur Koster, pihaknya akan menyasar pasar tradisional serta menyiapkan pengelolaan sampah di hulu.

Selain persoalan sampah plastik, dalam rangka memperbaiki lingkungan alam, Gubernur Koster mengatakan Bali juga sudah bergerak untuk menerapkan kebijakan energi bersih. “Mulai 2020 semua pembangkit tenaga listrik dibangun dengan konsep energi terbarukan,” kata Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini.

Gubernur Koster berharap hubungan Australia dan Indonesia ke depan khususnya di bidang kepariwisataan semakin baik. Gubernur juga berharap Bali mendapat dukungan dalam upaya meningkatkan penyelenggaraan kepariwisataan, mengingat Bali sudah seperti rumah kedua bagi warga Australia karena banyaknya wisatawan Australia yang datang ke Bali.

Sebagai bentuk konkrit, Gubernur menyampaikan harapan bantuan pemerintah Australia dalam rencana pembangunan jalan lingkar Bali.
#NangunSatKerthiLokaBali
#KramaBali

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *