Wagub Cok Ace Harap Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang Bali Perkuat Tugas dan Fungsi Desa Adat

(NSKLB) – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyampaikan apresiasi atas dikukuhkannya Pengurus Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan se Bali seraya berharap agar pengurus yang baru saja dikukuhkan dapat memperkuat tugas dan fungsi desa adat di Bali.

Harapan tersebut disampaikan Wagub Bali dalam sambutannya mewakili Gubernur Bali saat menghadiri acara Pengukuhan Prajuru Paikaetan Krama istri dan Pasikian Pacalang Bali Majelis Desa Adat Kabupaten/kota se Bali , di Gedung Ksiraarnawa, Taman Budaya Denpasar, Rabu (Buda Kliwon Matal), 19 Januari 2022

Lebih jauh dalam sambutannya, Wagub Bali menyampaikan terima kasih pada MDA Kabupaten/Kota dan MDA Kecamatan yang telah membentuk Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang Bali Majelis Desa Adat di masing-masing wewidangan-nya dan meminta agar dibangun soliditas dan kesetaraan kemampuan Lembaga Adat di seluruh Bali serta mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan termasuk Pasikian Yowana Bali MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan SeBali sehingga dapat mengimplementasikan pembangunan serta penguatan tugas dan fungsi Desa Adat di Bali.

” Embanlah tugas dengan baik dalam membina Paiketan dan Pasikian Lembaga Adat Desa Adat di wewidangan masing-masing dan jadilah teladan yang baik bagi semua krama di Bali. Berperan aktiflah dalam mendukung dan mengimplementasikan Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali dan seluruh kebijakan-kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam menjaga alam, krama, dan kebudayaannya, ” imbuhnya.
Wagub Bali juga meminta agar Lembaga Adat Majelis Desa Adat Bali yang telah dikukuhkan dapat membangun kerjasama dengan pemangku kepentingan di masing-masing tingkatan sesuai dengan asas sagilik-saguluk, salunglung sabayantaka (kebersamaan dan kegotongroyongan).

Sementara itu Bandesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet dalam sambutannya meminta agar seluruh lembaga adat yang berada di bawah naungan Majelis Desa Adat Provinsi Bali agar menyatukan langkah, pikiran serta tindakan dalam rangka mengajegkan Bali sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.
Pada acara yang turut dihadiri oleh Wakapolda Bali Brigjen. Pol.Drs. I Ketut Suardana , jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bali, Bandesa Madya MDA Kabupaten/Kota se-Bali, Bandesa Alitan MDA Kecamatan se-Bali, Para pengurus Paiketan Krama Istri MDA Provinsi Bali, kabupaten/kota se Bali Pengurus Pasikian Pacalang Bali MDA Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Bali, Para pengurus Pasikian Yowana Bali MDA Provinsi Bali, Kepala Dinas terkait di lingkungan Pemprov Bali baik yang hadir secara offline dan online, dilaksanakan pengukuhan Prajuru Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang Majelis Desa Adat Kabupaten/KOta se Bali dan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Bendesa Agung dan Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali. (AGP/RY)

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.