Tim Satgas Gotong Royong Tetap Melakukan Penjagaan Utama Akses Masuk Desa Yeh Poh

NangunSatKerthiLokaBali-Sudah tiga (3) bulan lebih virus corona mewabah di muka bumi dan belum menunjukkan tanda untuk mereda. Namun upaya pencegahan penularan terus dilakukan berbagai pihak, salah satunya tim satgas gotong royong berbasis Desa Adat di Desa Adat Yeh Poh, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Mereka tetap siaga melakukan penjagaan utama akses masuk desa yeh poh dengan membangun pokso di pintu masuk desa. Nampak jelas para pemuda dan warga setempat bersemangat turut berpartisipasi dengan sukarela dan semangat gotong royong berperan sebagai relawan.
Secara langsung Tim Digital Diskominfos Provinsi Bali diterima langsung oleh Kepala Dusun I Gede Widana dan anggota Satgas I Nyoman Karya, I Nengah Karang dan I Komang Arta di Posko Satgas Gotong royong Penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid19 desa adat setempat.
Menurut Kepala Dusun I Gede Widana mengatakan sejak dibentuknya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali 10 maret 2020 oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Desa Adat Yeh Poh pun langsung membentuk tim satgas gotong royong pada 22 maret 2020 dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti penyemprotan desinfektan di area vital Desa Yeh Poh, dan terus berupaya secara berkala memberikan edukasi terkait bahaya wabah Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sosial distancing serta wajib pakai masker.
Ditambahkannya terkait jaringan pengaman sosial seperti bantuan sosial dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi bagi warga terdampak Covid-19 yang telah dilaksanakan secara bertahap dan mengacu pada data sesuai ketentuan nasional. Selain bantuan dari Pemerintah, warganya juga menerima bantuan sosial berupa paket sembako dari beberapa relawan/ komunitas.
Dengan kembalinya aktivitas warga yang produktif dan aman dari Covid-19 sejak 5 Juni lalu, Gede Widana selaku Kepala Dusun juga berupaya memberikan kelonggaran aktivitas bagi warganya namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
image_pdfimage_print
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *