Perkuat Soliditas, Ny. Cok Ace Ajak Jajaran BKOW Kunjungi IPSA Desa Bengkel Busungbiu

Buleleng, (NSKLB) – Untuk memperkuat soliditas, Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny. Cok Ace) mengajak jajarannya mengunjungi Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Kunjungan pada Sabtu (22/5/2021) dirangkai dengan pembubaran kepanitiaan HUT ke-58 BKOW Provinsi Bali yang puncaknya dilaksanakan pada 21 April 2021 lalu.

Dalam sambutan singkatnya, Ny. Cok Ace mengapresiasi keberadaan IPSA yang merupakan tempat produksi minyak oles Bokashi dan varian lainnya seperti EM4. Menurut dia, keberadaan institut ini sejalan dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, khususnya dalam kaitan menjaga kesucian dan keharmonisan alam. Kepada jajaran pengurus BKOW yang duduk di kepanitiaan HUT ke-58, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih. Karena atas kerja keras seluruh panitia, acara dapat berjalan lancar. Ke depannya, ia mengajak seluruh jajarannya memperkuat sinergitas dalam menjalankan program kerja BKOW.

Manajer IPSA Ketut Jadiasa menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ny. Cok Ace beserta jajaran pengurus BKOW Bali. Terkait dengan keberadaan IPSA, ia menjelaskan bahwa tempat ini merupakan bengkel pengembangan produk minyak oles Bokashi dan varian lainnya. Ia menyebut, hampir 90 persen produk Bokashi, termasuk EM4 diproduksi di tempat ini. “Sisanya baru dikerjakan di Denpasar,” ujarnya. Awalnya, IPSA yang sekaligus merupakan Pusdiklat Teknologi Effective Microorganisms ini khusus diperuntukkan bagi mereka yang tertarik mempelajari pengembangan sumber daya alam menjadi produk di bidang kesehatan dan pertanian. Namun sejalan dengan pengembangan desa wisata di wilayah itu, pihaknya pun mulai menjajaki kemungkinan membuka tempat ini bagi wisatawan umum. Mengakhiri kunjungan di IPSA Desa Bengkel, Ny. Cok Ace dan rombongan BKOW Bali meninjau kebun tanaman obat. (GS/KMB)

image_pdfimage_print
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *