PENAMPILAN: CERITA SAWITRI (MENUJU PENYUCIAN JIWA) OLEH SANGGAR TEATER MINI.

Bagikan:

PENAMPILAN: CERITA SAWITRI (MENUJU PENYUCIAN JIWA) OLEH SANGGAR TEATER MINI.
Festival Seni Bali Jani (FSBJ) ke-II Tahun 2020


Ada satu keluarga kecil, terdiri dari empat anggota yakni : Bapa, Ibu, Putra ( Satyawan) dan Menantu (Sawitri). Pada suatu ketika, Satyawan dinyatakan sebagai OTG yang terinfeksi COVID-19, dan kini sedang dirawat di sebuah Rumah Sakit. Semenjak Satyawan diisolasi, mereka bertiga (Bapa, Ibu , Menantu) selalu diselimuti perasaan cemas dan takut. Mereka takut, kalau-kalau mereka sendiri akan terpapar juga. Selain itu, tentu mereka juga khawatir akan keselamatan jiwa Satyawan.

Namun, beberapa hari setelah kejadian itu, Sawitri mulai menyadari bahwa kecemasan mereka ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Pembiaran ini akan melemahkan dan menurunkan imun tubuh. Kondisi seperti ini, justru akan membuat COVD-19 lebih mudah menyerang. Maka, Sawitri dan mertuanya sepakat melawan ketakutan dan kecemasan itu dengan kekuatan mental dan peningkatan doa. Perlahan-lahan mereka mulai yakin, bahwa penguatan mental dan doa , merupakan tahapan yang harus dilalui menuju penyucian jiwa. Dengan jiwa suci, hal-hal negatif termasuk segala jenis penyakit akan dapat diatasi.

Terbukti kemudian, mereka luput dari virus covid 19 dan bahkan mereka menerima berita kesembuhan Satyawan. Cerita ini bersumber dari cerita tradisional Epos Mahabharata, bagian wana parwa, episode “Sawitri”. Episode ini kemudian dikontekstualkan dengan kisah dan situasi masa kini.

#BaliArtsVirtual #Nangunsatkerthilokabali www.Nangunsatkerthilokabali.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *