“NY.PUTRI KOSTER APRESIASI LSM MARUTHA YANG MEMBUAT ALAT PENGOLAHAN SAMPAH SAIBER (SELESAI DI SUMBER)”

Bagikan:

NangunSatKerthiLokaBali-Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster berkesempatan mengunjungi tempat pengolahan sampah yang berada di Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, KSM Nangun Resik, ditemani oleh kawan-kawan dari LSM MARUTHA yang diketuai oleh Anak Agung Gede Anom Tantra (14/12)

Ny Putri Koster sangat prihatin dengan meruaknya permasalahan sampah yang kian hari kian menjadi beban baik di Pemerintah maupun masyarakat. Sebagai “sipembuat sampah” alangkah baiknya kita pun menjadi “sipenyelesai sampah” di sumbernya sendiri sesuai

Sebagai anak-anak generasi Bali yang peduli dengan keberadaan Bali beserta isinya, kita harus mulai berpikir dan berbenah plus benar-benar berbuat bersama untuk menyelesaikan persoalan sampah ini dengan menciptakan alat atau mesin pengolah sampah yang berfungsi baik mengubah sampah menjadi ukuran mikro dan tidak berbahaya.

Ny Putri Koster mengapresiasi langkah kawan-kawan LSM Marutha yang konsen di dunia pengolahan sampah. Lewat alat yang diciptakan Marutha dengan prosesnya yang disebut SAIBER (Selesai di Sumber) yang terinspirasi dari Bapak Gubernur yakni Pengolahan Sampah Berbasis Sumber, mampu mengubah 1 – 2 ton sampah basah setelah difermentasi menjadi ukuran mikro (menyusut 50%) yang kemudian dibentuk pelet dan mampu diaplikasikan menjadi gas dan energi terbarukan.

“Jika saja ini bisa diterapkan di masing-masing kabupaten, bahkan hingga ke tingkat desa ataupun per keluarga maka persoalan sampah tak akan jadi masalah. Dan ini kita akan coba mulai dari ibu-ibu PKK, yuk berhenti saling menyalahkan, kita harus saling bersinergi karena tanpa bersinergi dan saling gotong royong semua tak akan berhasil guna. Wujudkan bali yang bersih, keluarga yang sehat, alam yang indah, yang berlandas NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI”

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *