Ketua Umum Puri Andul Agung Gempa, Bersama Sinergi Pembangunan Meru Pura Kahyangan Jagat Pucak Luhur Berangbang Agung Jembrana Yang Tahun Lalu Tersambar Petir

Jembrana, NangunSatKerthiLokaBali.com – Pura Kahyangan Jagat Puncak Luhur Berangbang Agung, terletak di Banjar MundukTumpeng, Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Tahun lalu, tepatnya (29/11) terjadi musibah di Pura Kahyangan Jagat Pucak Luhur Berangbang Agung yaitu terjadi sambaran petir keras yang mengakibatkan kerusakan cukup parah di beberapa bangunan pelinggih utama termasuk meru tumpang 9 serta jaringan kelistrikan turut terbakar.

“Pembangunan Meru tumpang 9 Pura Kahyangan Jagat Pucak Luhur Berangbang Agung dan perbaikan lainnya sudah sangat urgen dilaksanakan, karena kondisi bangunan meru yang sudah tidak stabil, sementara di topang atau di amankan oleh kawat baja untuk menahan kalau ada angin keras dan getaran lainnya sehingga tidak membahayakan pemedek yang sembahyang” disampaikan Agung Gempa, (20/6).

Pembangunan kembali Meru Tumpang 9 Pura Kahyangan Jagat Pucak Luhur Berangbang Agung sudah direncanakan dengan baik oleh pengempon Pura dengan perkiraan biaya kurang lebih Rp. 270 juta dengan pembangunan baturan menggunakan batu Karangasem, disampaikan oleh Ketua Pengempon Wayan Mawa.

Kita bersama turut prihatin dan berupaya bersama seluruh pengempon, krama, Desa Adat, Desa, Pemerintah Kabupaten Jembrana, Pemerintah Provinsi, Donatur, dan semua pihak untuk bergandengan tangan bahu membahu untuk bisa mewujudkan pembangunan Meru Tumpang 9 Pura Kahyangan Jagat Pucak Luhur Berangbang Agung secara bertahap, tandasnya.

I Gusti Agung Ngurah Diputra, SE , M.Si, menyerahkan bantuan ke pantia pembangunan Meru

Walau kita sadari tiga bulan terakhir ini semua pihak masih berkonsentrasi masalah Pandemi Covid-19 yang menimpa hampir seluruh Negara di Dunia, termasuk Bali dan Jembrana pada kususnya. “Ngiring ditengah situasi dan suasana covid-19 niki kita terus berupaya bersama bahu membahu untuk bisa mewujudkan pembangunan niki secara bertahap, Dumogi Ida Hyang Widhi mapaica kerahayuan jagat sedagingnyane, gering ageng Covid 19 mewali tur lebur nuju genah soang-soang” di sampaikan Agung Gempa, yang kesehariannya mengelola perusahan media grup dan industri yang bergerak bidang teknologi informasi kretif digital di Renon Denpasar.

Sebagai bentuk empati Keluarga Besar Puri Andul saat Pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, berkesempatan menyerahkan sedikit bantuan kepada Pemangku, dan Dana Gotong Royong untuk pembangunan Pura Kahyangan Jagat Pucak Luhur Berangbang Agung, “Sinampura sampunan cingak akeh nyane, unteng manah subakti sinareng sami” Jangan lihat seberapa besar yang kami haturkan, paling tidak bisa sedikit meringankan beban Pemangku di masa sulit sekarang ini dan bersama gotong royong mewujudkan pembangunan Meru yang kena musibah. Ini akan kami lanjutkan terus tidak berhenti sampai disini, ditegaskan Agung Gempa, didampingi Drs. Anak Agung Putu Radnyana, M.Pd, I Gusti Agung Ngurah Diputra, SE, M.Si, (Pengelingsir, Tokoh Puri Andul) I Gusti Agung Ngurah Mertayasa (perwakilan mangku saren), Gusti Agung Komang Suartama (sekretaris) I Gusti Agung Putu Kiranayasa (baga pawongan). Koordinator Penglingsir Puri Andul I Gusti Agung Ketut Oka Yudhiyasa dihubungi lewat telpon menyampaikan “suksma dahat sinareng sami ngiring terus tincapang subakti ring leluhur Dumogi Ida Hyang Widhi mapaica kerahayuan”.

Drs. Anak Agung Putu Radnyana, M.Pd Menyerahkan Wantuan Sembako Kepada Pemangku

Sebagai upaya sinergi dengan pemerintah dan semua pihak, sesuai dengan arahan Bapak Gubernur Bali Wayan Koster yang sangat konsen dengan jajarannya dalam penanganan dan upaya pemulihan dampak pandemi covid-19 di Bali, Pula Bapak Bupati Jembrana Putu Artha semua pihak sinergi bahu membahu gotong royong dalam mencegah dan menanggulangi dampak Pandemi-Covid 19, Keluarga Besar Puri Andul telah membentuk gugus tugas kecil guna membantu keluarga dalam bentuk masker, sembako dan sedikit uang tunai berfokus kepada semeton yang terdampak Covid-19 seperti semeton lingsir, lansia, pemangku, semeton yg kena PHK dan lainnya yang saat ini sedang berjalan di nahkodai oleh I Gusti Agung Putu Eka Priya Santosa (Agung Cok) dibantu yowana puri.

Ida Pedanda Kaca Magelung (Pasraman Griya Mambal)
Gugus Tugas Puri Andul

Probekel Desa Berangbang I Gusti Putu Surapradnya pula menegaskan seluruh aparatur Desa, Desa Adat, Satuan Gugus Tugas Gotong Royong di Desa sinergi dengan Pemerintah Daerah, Provinsi sedang fokus dan konsentrasi melakukan langkah langkah strategis dalam penanganan percepatan pencegahan penanggulangan Pandemi Covid-19.

Probekel Desa Berangbang I Gusti Putu Surapradnya

Sosialisasi terus digenjarkan, pula penanganan bantuan sosial baik dari desa, desa adat, provinsi, pemerintah pusat, donator, dan dari semua pihak terus kami optimalkan bertahap untuk dapat meringankan beban warga terdampak Pandemi Covid-19 ini, semoga pandemi ini segera berakhir, tandasnya. (Agus/Dwi)

image_pdfimage_print
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *