[HOAKS] Papua Resmi Memisahkan Diri dari NKRI

Bagikan:

Penjelasan :

Telah beredar unggahan di media sosial Facebook yang berisi sebuah narasi bahwa Papua resmi memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Unggahan tersebut juga memuat sebuah video yang tampak seseorang yang mengklaim dirinya sebagai Presiden Negara Federal Papua Barat. Unggahan tersebut dimuat pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Dilansir dari laman situsMedcom.id, klaim bahwa Papua resmi memisahkan diri dari NKRI adalah salah. Faktanya tidak ada informasi resmi mengenai hal itu. Kelompok yang menamakan diri Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) tidak pernah diakui Pemerintah RI. Dilansir dari Pasific Pos, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Barisan Merah Putih Republik Indonesia, Yonas Alfons Nussy meminta masyarakat Papua untuk tidak terprovokasi terkait dengan NRFPB tersebut. Yonas meminta NRFPB tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum positif.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/30397/hoaks-papua-resmi-memisahkan-diri-dari-nkri/0/laporan_isu_hoaks

Link Counter:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNA3xX2k-cek-fakta-papua-resmi-memisahkan-diri-dari-nkri-ini-faktanya
https://www.pasificpos.com/sekjend-bmp-ri-minta-masyarakat-papua-tidak-terprovokasi-dengan-imbauan-dari-pimpinan-negara-federal/

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *