Dukung Visi DBON, Disdikpora Provinsi Bali Gelar FOP Tahun 2022

Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia

(Nangunsatkhertilokabali.com)-Pemprov Bali melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali menggelar Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bali, dimulai secara resmi di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Selasa (Anggara Kliwon, Dukut) 11 Oktober 2022.

Kompetisi tingkat SD, SMP, SMA/sederajat yang digelar selama 3 (tiga) hari mulai Selasa 11 Oktober 2022 s.d Kamis 13 Oktober 2022 ini, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pelajar tingkat SD, SMP, SMA/sederajat untuk melakukan aktivitas gerak jasmani agar memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan prima sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali KN Boy Jayawibawa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Provinsi Bali, bahwa melalui penyelanggaraan FOP Tahun 2022 juga diharapkan dapat membangun jiwa sportivitas dan solidaritas pelajar sekaligus membangun karakter yang tangguh serta pada akhirnya dapat memunculkan bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Bali, Nasional bahkan Internasional.

Menurut Kadis Boy Jayawibawa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menempatkan olahraga sebagai salah satu fokus pembangunan Pemerintah dalam upaya memajukan peradaban dan taraf hidup masyarakat Indonesia. Untuk mendukung program DBON dapat dilakukan pembinaan olahraga untuk siswa baik melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ataupun melalui kegiatan extrakurikuler dan juga adanya ajang olahraga untuk mempertandingkan para pelajar dalam meraih prestasi di bidang olahraga.

“FOP merupakan amanah DBON sebagai perwujudan sistem festival dan kompetisi olahraga pelajar berkualitas, terencana, berjenjang, dan berkelanjutan dalam rangka mewujudkan visi DBON yaitu ”Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia”, cetus Boy Jayawibawa.

Dalam rangka memotivasi dan menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap keolahragaan disekolah, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Kemeterian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, di dukung oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali bersama Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Provinsi Bali menyelenggarakan FOP Bali 2022 yang mempertandingkan 2 cabang olahraga unggulan DBON yaitu Pencak Silat dan Atletik.

“Semoga kedepannya kita bisa dapat mempertandingkan lebih banyak cabang olahraga unggulan DBON lainnya sehingga ini dapat mendukung tujuan DBON yaitu meingkatkan budaya masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktivitas olahraga prestasi nasional dan memajukan perekonomian berbasis olahraga,” ungkap Kadis Boy Jayawibawa masih dalam sambutan yang sama,

Dari data kriteria kepesertaan yang dirilis pihak panitia, Peserta dari cabang olahraga pencak silat terdiri dari 1 orang putra dan 1 orang putri untuk masing-masing tingkatan pendidikan dari tingkat SD, SMP dan SMA, dan yang dipertandingkan pada cabang olahraga “Pencak Silat Seni”. Sementara itu, Peserta dari cabang olahraga Atletik terdiri dari 1 orang putra dan 1 orang putri untuk masing-masing tingkatan pendidikan dari tingkat SD, SMP dan SMA. Yang dipertandingkan pada cabang olahraga atletik adalah tingkat SD : Lari 60m Putra dan Putri; tingkat SMP : Lari 80m Putra dan Putri; serta tongkat SMA : Lari 100m Putra dan Putri.

Total peserta yang berpartisipasi pada Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Bali 2022 mencapai 162 orang, yang terdiri dari 108 Atlet dan 54 Pelatih yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se Bali.

(AGP/R)

https://www.youtube.com/watch?v=RyRTbS5QGLs&t=2s

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *