Ny Putri Koster Ajak Anak Muda Peduli Kesehatan Sejak Dini

Denpasar, (NSKLB) – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster mengajak anak muda peduli terhadap kesehatan sejak dini. Hal ini disebabkan, jika abai terhadap kesehatan di masa belia, dampaknya akan sangat terasa di masa tua. Ajakan tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara kunci pada kegiatan Webinar Series Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa, Sabtu (29/5/2021).

Mengikuti webinar dari ruang kerjanya di Gedung Jayasabha, Ny Putri Koster lantas berbagi tips sederhana yang merupakan pesan dari turun temurun dari orang tua yaitu selalu ingat mencuci tangan dan kaki serta menggosok gigi sebelum tidur. “Orang tua selalu mengingatkan anak-anak mereka agar mencuci tangan, mencuci kaki dan menggosok gigi sebelum tidur. Itu banyak manfaatnya, karena bakteri yang masih menempel bekerja aktif saat kita tidur,” ucapnya. Lebih dari itu, anak muda diingatkan menjaga pola hidup sehat sejak dini, misalnya mengkonsumsi makanan sehat dengan pola teratur.

Selain memperhatikan kesehatan tubuh melalui langkah-langkah kecil tadi, wanita yang juga menjabat sebagai Manggala Utama Pasikian Peiketan Krama Istri Desa Adat di Bali (PAKIS Bali) ini kembali mengingatkan agar para siswa jangan sampai terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Selain berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental generasi muda, ia menyebut penyalahgunaan narkoba sebagai salah satu bentuk penjajahan. “Karena kalau anak-anak kita terjemurus dalam penyalahgunaan narkoba, bangsa ini terancam kehilangan generasi penerus,” imbuhnya.

Masih dalam paparannya, Ny Putri Koster juga menyinggung pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat dunia. Menyikapi hal ini, ia minta kalangan generasi muda tetap patuh dan taat terhadap anjuran pemerintah, khususnya terkait dengan penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak/menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dari sederat prokes tersebut, perempuan yang akrab disapa Bunda Putri ini menggarisbawahi prokes menjaga jarak/menjauhi kerumunan. Karena sepengetahuannya, anak muda punya kegemaran nongkrong bersama teman-teman. Ia berpesan, untuk sementara waktu anak-anak muda bisa menahan diri dulu agar tak banyak keluar rumah dan kumpul-kumpul dengan teman.

Lagipula, imbuh Ny Putri Koster, kemajuan teknologi telah memberi solusi agar bisa tetap menjalin silaturahmi di masa pandemi. Selain itu, perempuan yang dikenal memiliki multitalenta ini mengajak anak sekolah yang sudah sangat rindu mengikuti pembelajaran tatap muka untuk bersabar.

Dekan III FKIK Warmadewa Ni Luh Eka Kartika Sari SSi M.Biomed menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Ny Putri Koster menjadi pembicara kunci pada kegiatan webinar. Ia menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi informasi kepada anak-anak muda terkait apa yang harus dilakukan di tengah situasi pandemi. (AGP)

image_pdfimage_print
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *