Sempat Mandek, Tol Gilimanuk-Mengwi Dibangun mulai September Tahun Ini

Nangunsatkerthilokabali.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali bakal berlanjut tahun ini. Pembangunan tol di wilayah Bali Barat ini sempat mandek karena permasalahan biaya. Proyek jalan tol sepanjang 96,84 kilometer ini sebelumnya ditargetkan rampung pada tahun 2025.

Basuki menjelaskan, proyek jalan tol itu awalnya berstatus diinisiasi oleh badan usaha (unsolicited) PT Jagat Kerti Bali pada 8 Maret 2022. Total investasi mencapai Rp 22,84 triliun. Perusahaan itu juga sudah membebaskan lahan seluas 44,64 hektar senilai Rp 112,37 miliar. “Tapi pada saat financial close mereka tidak bisa memenuhi sehingga kita putus,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).

Akhirnya, kata Basuki, pemerintah kembali melakukan studi kelayakan (feasibility study) untuk diambil alih menjadi prakarsa pemerintah (solicited). “Kita lakukan FS lagi karena akan diubah menjadi solicited menjadi prakarsa pemerintah kita akan lelangkan. Saat ini sudah di PQ (Prequalification), mudah-mudahan September nanti bisa dimulai konstruksinya,” jelas Basuki.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyatakan tiga hal imbas pengubahan prakarsa dari unsolicited menjadi solicited. Pertama, harus ada legal opinion dari Jaksa Agung untuk mengubah unsolicited menjadi solicited. Kedua, proyeknya harus diaudit oleh BPKP.

“Ketiga pembebasan lahan dari LMAN sudah disetujui senilai Rp 3,9 triliun disiapkan oleh LMAN karena memang menjadi solicited menjadi pemrakarsa pemerintah,” terang Basuki. (KMPS/AGP/GP)

Source: kompas.com 
https://bit.ly/4aci6Xn

https://gofood.link/a/Kg1yhZo

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *