Bupati Tamba Ngaturang Sembah Bhakti di Pura Pemerajan Agung Puri Andul Jembrana

Jembrana, NangunSatKerthiLokaBali.com  – Keluarga Besar Puri Andul Jembrana menggelar Piodalan atau Pujawali di Pura Pemarajan Agung Puri Andul, Desa Batuagung Jembrana Bali. Rangkaian pujawali ini telah berlangsung dari persiapan awal bulan maret sampai puncak karya tanggal 22 Maret 2024.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Anak Agung Komang Sapta Negara, SE., MM, Kepala BPKAD, Drs I Komang Wiasa, M.Si,  Serta Jajaran Probekel Desa Batuagung, dan Camat Negara, di sambut hangat keluarga besar Puri Andul Jembrana.

Ketua Umum Puri Andul, I Gusti Agung Putu Gempa Yuliana, yang disapa akrab Agung Gempa, didampingi Penglingsir Puri Drs. AA Bagus Radnyana Radenia, MPd. beserta pengurus dan jajaran menyampaikan apresiasi tinggi atas kehadiran Bupati Jembrana I Nengah Tamba di tengah keluarga besar Puri.

Disampaikan pula, Keberadaan Puri Andul Jembrana Pratisentana Shri Nararya Khresna Kepakisan tidak lepas dari Kerajaan Brambang, Kerajaan Mengwi (Mangunpura) kala itu dan Kerajan Gelgel Klungkung. Salah satu peninggalan sejarah tertua Puri Andul yang sangat disakralkan di Kabupaten Jembrana berupa Kori Tua Puri tahun 1680 yang saat ini sudah menjadi situs cagar budaya.  Sejarah berdirinya Puri Andul dapat diketahui dari masa pemerintahan Kerajaan Brambang di Jembrana. Untuk itu kita sebagai generasi penerus memiliki kewajiban dan tangung jawab besar melestarikan menguatkan adat tradisi budaya dan ‘ngajegan’ tatanan warisan adhiluhung leluhur Jembrana, baik secara fisik sakala dan niskala, disampaikan Agung Gempa.

 

Kori Tua Puri Andul 1680

Bupati Tamba sangat mengapresiasi kekompakan guyub lintas generasi di Puri Andul yg ada di seluruh Jembrana dan luar Jembrana, semangat dengan program strategis tokoh muda Agung Gempa, selaku ketua umum Puri terus sinergi menyukseskan Visi Jembrana “Mewujudkan Masyarakat Jembrana Berbahagia Berlandaskan Tri Hita Kirana”. Terkait dengan Penataaan Kawasan Pura Pemerajan Agung Puri Andul, seperti Bale Pesandekan, Bale Kulkul, penataan pelinggih dan fasilitas perahyangan lainnya, Pemerintah Kabupaten Jembrana akan mendukung sepenuhnya secara bertahap guna penguatan adat tradisi dan budaya sinergi dengan Pemerintah Provinsi dan para pihak terkait, disampaikan Bupati tamba.

 

Bupati Tamba, bersama Pemangku Puri Andul

Sebagai penutup Bupati Tamba berharap apa yang dilakukan oleh Keluarga Besar Puri Andul terlebih disaat Pujawali senantiasa akan diberikan kerahayuan serta Karya berjalan baik dan lancar. “Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa sueca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami,” harapnya. (AP/DM)

Persembahyangan Bersama Bupati Tamba 

Ketua Umum Puri Andul, Menerima Punia dari Bapak Bupati Tamba

 

Bupati Tamba bersama Sekhaa Gong Istri Tri Sentana Bhakti Puri Andul Jembrana
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *