Bali Raih Dua Penghargaan Dalam HUT ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas di Padang

Mendagri Tito Karnavian Serahkan Langsung Karya Bhakti Peduli Satpol PP Kepada Pj Gubernur Mahendra Jaya

Nangunsatkerthilokabali.com, PADANG – Penjabat (Pj) Gubernur Bali, S. M. Mahendra Jaya menerima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas. Upacara tersebut digelar di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (3/3).

Penghargaan ini diberikan kepada Pj Gubernur Bali atas Karya Bhakti dan kepeduliannya terhadap Satuan Pamong Praja. Mulai dari dukungan anggaran hingga sarana prasarana guna mendukung tugas Satpol PP di daerahnya. Penghargaan tersebut juga menunjukkan upaya melakukan dorongan moril terhadap jajaran Satpol PP dan Linmas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian meminta seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk senantiasa menjaga integritas dalam setiap pekerjaan.
“Satpol PP dan Satlinmas merupakan profesi mulia dalam memberikan perlindungan dan keamanan kepada masyarakat,” ujar Mendagri dalam arahannya.

Mendagri juga menyatakan rasa bangga dan aspresiasinya kepada seluruh Anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia atas dedikasi dalam pelaksanaan tugas selama ini. Terutama dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang berjalan relatif baik dengan segala kompleksitasnya. “Satpol PP dan Satlinmas bersama TNI/Polri dan lembaga terkait lainnya, telah membuktikan peran yang sangat besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Sehingga, rangkaian pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar dan kondusif,” tuturnya.

Selain Karya Bhakti Peduli Satpol PP yang diterima Pj. Gubernur Bali, Provinsi Bali juga berhasil memperoleh Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP yang diterima Kasat Pol PP Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi pada Sabtu (2/3). Penghargaan ini diberikan kepada Satpol PP yang sangat berhasil, kreatif, inovatif dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. “Ini merupakan momen bersejarah karena baru pertama kali ada daerah yang memperoleh dua penghargaan sekaligus, Karya Bhakti Satpol PP dan Karya Bhakti Peduli Satpol PP,” kata Rai Dharmadi.

Kemendagri menurut Rai Dharmadi, menilai Provinsi Bali mempunyai berbagai terobosan dan inovasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya selama ini. “Contohnya dengan adanya omnibus terkait 23 gangguan trantibumlinmas yang sudah dibuatkan dalam satu Perda. Bali yang pertama dan satu-satunya yang punya,” katanya.

Selain itu, ia juga menyebut keberadaan Polisi Pariwisata yang hadir untuk upaya memberikan informasi, edukasi bagi wisatawan selama di Bali. Juga memberikan pelayanan dan pertolongan kepada wisatawan serta membantu Kepolisian melakukan pencegahan persoalan sosial terkait pariwisata Bali agar tidak berkembang menjadi ancaman berupa pelanggaran bahkan tindak pidana.

Rangkaian puncak peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas nasional di Sumbar ditutup dengan atraksi beladiri dari rekan-rekan Satpol PP Kota Padang Panjang dan Satpol PP Kota Bukittinggi. Kemudian dilanjutkan dengan atraksi drumband dari IPDN Regional Sumbar, Satpol PP dan Satlinmas.

Turut hadir dalam Upacara Gelar Pasukan Puncak Peringatan HUT ke 74 Satpol PP dan ke 62 Satlinmas di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, sejumlah pejabat diantaranya Gubernur Sumbar, pejabat teras Kemendagri RI dan Kepala Satpol PP se-Indonesia.

(AGP/RDT)

https://gofood.link/a/Kg1yhZo

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *