Pemprov Bali Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

Nangunsatkerthilokabali.com, Denpasar – Pemerintah Provinsi Bali melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Minggu (1/10) di lapangan kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar. Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Pemprov Bali, I Dewa Putu Sunartha yang dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara tersebut guna mengenang Hari Kesaktian Pancasila yang ditetapkan Presiden Soeharto setelah peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada 1965. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara yang selalu teguh meski ada upaya untuk menjatuhkannya.

Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan untuk para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila sendiri mengangkat tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” Seperti yang dilansir dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui surat edaran Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

Dalam rangkaian Upacara, selain pembacaan naskah Pancasila oleh Inspektur Upacara, juga dibacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 oleh Kemendikbud Ristek.

Untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, upacara dilaksanakan di seluruh OPD serta lembaga vertikal lainnya serta diikuti segenap pegawai baik ASN maupun non ASN. (AGP/YD)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *