Terapkan Digitalisasi Informasi dan Tata Kelola Pemerintahan Transparan, Koster Raih Top GPR Figure 2023

DENPASAR, (Nangunsatkerthilokabali.com) – Penghargaan atas Top Government Public Relations (GPR) Figure 2023 oleh GPR Institute dianugerahkan kepada Gubernur Bali Wayan Koster, pada Rabu (26/7) kemarin, secara virtual dari Jaya Sabha, Kota Denpasar.

Maka penghargaan yang diraih Koster selaku Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, merupakan wujud nyata kepemimpinan Koster dalam merespon cepat atas tantangan yang dihadapi pemerintah di era digitalisasi dan informasi.

Selain itu, Koster dinilai mampu mengembangkan sistem tata kelola pemerintah daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntable, dan bersih. Sekaligus pula mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang bertransformasi digital.
Karena itu, sebelum GPR Institute memberikan penghargaan Top GPR Figure 2023 kepada Gubernur Koster. GPR Institute melalui Direktur dan Founder GPR Institute Arief Munajad, SE., MM; CO Founder GPR Institute Prof. Dr. Widodo Muktiyo; dan CO Founder GPR Institute Tri Raharjo, SE., MM., CDMS.
GPR pun telah melakukan penilaian terhadap berbagai institusi dari lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah non lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia pada Maret hingga Mei 2023.
Penilaian menggunakan tiga parameter penilaian digital, yaitu: 1. Digital Awareness Aspect; 2. Digital Media; dan 3. Website Aspect dan Social Media Aspect.
Penilaian GPR Institute menjelaskan semenjak menjabat, Gubernur Bali pada 5 September 2018 lalu, Koster merupakan politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan sejak Tahun 2004-2018.
Di bawah kepemimpinan Koster, Bali telah berhasil menjadi tuan rumah perhelatan dunia KTT G-20 dan membawa Bali sebagai destinasi wisata dunia berkualitas, berdaya saing, dan bermartabat.
Visi pembangunan Bali, Nangun Sat. Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang digagas Koster, pun memiliki program prioritas mengembangkan sistem tata kelola pemerintahan daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel, dan bersih.

GPR Institute menilai Koster telah memandang penting keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi publik yang cepat, mudah didapatkan, dicerna, dan menjaga kualitas informasi. GPR Institute menganugerahi Koster penghargaan Top Government Public Relations Figure 2023.
Sebelumnya pula, GPR Institute memberikan penghargaan kepada: 1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Solahuddin Uno; 2. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati; 3. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; 4. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI; 5. Kementerian Kesehatan RI; 6. Kementerian Agama RI; 7. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI; 8. Kementerian Kelautan dan Perikanan RI; 9. Badan Narkotika Nasional; 10. Pemerintah Kabupaten Jayapura; 11. Pemkab Sleman; dan 12. Pemkab Indramayu.

“Saya mengucapkan terima kasih. Penghargaan yang diraih akan kami berikan kepada masyarakat Bali, sebagai wujud tanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai Gubernur Bali,” tegas Koster.
Proses pembangunan Bali, Koster menerapkan visi Nangun Sat. Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, yang mengandung berbagai kebijakan prioritas untuk melakukan percepatan pembangunan.
“Salah satunya membangun infrastruktur, baik infrastruktur darat, laut, dan udara serta infrastruktur telekomunikasi. Tata penyelenggaraan pemerintahan yang kami jalankan dilaksanakan transparan dan akuntabel, serta selalu mendapat partisipasi dan
dukungan publik dengan efektif dan efisien,” beber Koster.
Lebih lanjut, Direktur dan Founder GPR Institute Arief Munajad memberikan ucapan selamat terhadap Gubernur Koster atas penghargaan Top GPR Figure 2023 yang telah diraih.
“Semoga dengan penghargaan ini, Bapak Wayan Koster dapat membuktikan dan meningkatkan kinerja untuk terus memaksimalkan penyelenggaraan pemerintahan yang bertransformasi ke digital,” demikian Arief Munajad. (AGP/GP)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *