Sekda Dewa Indra Lepas Kontingen Bali ke LT-V dan Karang Pamitran Nasional Tahun 2023

Denpasar, (Nangunsatkerthilokabali.com) – Sekretaris Provinsi Bali Dewa Made Indra, mengapresiasi semangat yang ditunjukkan kontingen Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali yang akan berlaga dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima Tahun 2023 (LT-5 2023) dan Karang Pamitran Nasional (KPN) Tahun 2023. “Saya merasa sangat bangga dan mengapresiasi komitmen serta kerja keras yang telah ditunjukkan oleh Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali dalam persiapan menghadapi,” katanya saat melepas secara resmi kontingen Provinsi Bali yang akan mengikuti LT-V dan Karang Pamitran Nasional Tahun 2023 bertempat di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar pada Kamis (15/6) sore.
Sekda Dewa Indra yang juga Sekretaris Mabida Gerakan Pramuka Bali melanjutkan, segala Persiapan yang dilakukan tidak hanya dalam aspek fisik, tetapi juga dalam aspek mental, pengetahuan, keterampilan, dan jiwa kepemimpinan. “Semua ini merupakan modal berharga yang akan memperkuat langkah dan semangat juang dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapi. Juara itu penting namun yang penting adalah pengalaman yang didapatkan ketika adik-adik mengikuti lomba ini. pembelajaran, pengembangan diri, dan peningkatan kualitas diri sebagai anggota Gerakan Pramuka,” katanya terkait lomba yang akan diadakan di Bumi perkemahan Cibubur tersebut.

Sekda juga berharap, Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali dapat memberikan yang terbaik, bertindak dengan integritas dan kejujuran, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kepramukaan dalam setiap langkah perjuangannya. “Saya yakin, dengan semangat kebersamaan dan kepercayaan diri yang tinggi, kita akan meraih prestasi yang gemilang. Saya mewakili Pemerintah Provinsi Bali, keluarga besar Pramuka Bali, dan masyarakat Bali, senantiasa memberikan doa dan dukungan penuh untuk kontingen Kwarda Bali,” tandas birokrat asal Pemaron, Buleleng tersebut.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali Kak Made Rentin melaporkan lomba yang akan diikuti perwakilan Bali tersebut merupakan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang secara berjenjang dari Tingkat Gugus Depan, Ranting, Cabang dan Daerah yang diadakan 5 tahun sekali. “Kwarda Bali mengirimkan duta terbaiknya dari hasil Lomba Tingkat IV yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 23 Juni 2023, bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur. Terdiri dari Regu Elang dan Regu Dahlia yang merupakan Regu Penggalang Putra dan Putri dari Kwartir Cabang Karangasem,” jelas Rentin.

Kepala BPBD Provinsi Bali ini juga menjelaskan Peserta LT-V sebanyak 8 orang Pramuka Penggalang Putra dan 8 orang Pramuka Penggalang Putri, didampingi 1 orang Pembina Pendamping Putra dan 1 orang Pembina Pendamping Putri dan dipimpin oleh 1 orang Pimpinan Kontingen.

Sedangkan Karang Pamitran Nasional (KPN) merupakan Pertemuan Pembina Pramuka Tingkat Nasional yang juga diadakan 5 tahun sekali dimana Kontingen Kwarda Bali berjumlah sebanyak 93 orang terdiri dari : Pembina Pramuka Siaga 25 Orang, Pembina Pramuka Penggalang 29 Orang, Pembina Pramuka Penegak 25 Orang, Satuan Karya Pramuka 1 Orang dan didampingi oleh 5 orang unsur Pimpinan Kontingen Daerah.
Pelepasan Kontingen Provinsi Bali ditandai dengan pemakaian jaket secara simbolis dari Sekda Provinsi Bali kepada perwakilan peserta serta penyerahan pataka, yang disaksikan pula oleh Kepala Kwartir Pramuka Provinsi bali beserta jajaran serta orang tua kontingen yang hadir. (AGP/YD)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *