Optimalkan Kinerja BKOW, Ny. Cok Ace Dorong Pembentukan GOW di Seluruh Kabupaten/Kota

GIANYAR  (Nangunsatkerthilokabali.com) – Mengawali program kerja di tahun 2023, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali yang diketuai Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny. Cok Ace) berharap seluruh kabupaten/kota membentuk Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Untuk itu, Ny. Cok Ace bersama jajaran pengurusnya turun ke kabupaten yang saat ini belum membentuk GOW. Setelah dua hari berturut-turut menyambangi Kabupaten Badung dan Buleleng, Jumat (3/2/2023), Ny. Cok Ace turun ke Kabupaten Gianyar. Kehadiran rombongan BKOW Bali disambut hangat oleh Ketua TP PKK Gianyar Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra di Ruang Tamu Kantor Bupati. Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Gianyar didampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar yang juga merupakan Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Diana Dewi Agung Mayun serta istri Sekda Gianyar Ny. Dewa Gede Alit Mudiarta dan beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Gianyar seperti Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan dan Disbud.

Mengawali penyampaian singkatnya, secara garis besar Ny. Cok Ace menjelaskan bahwa kunjungannya ke Gianyar merupakan bagian dari upaya mempererat jalinan silaturahmi. Karena bagaimanapun, dirinya sempat menjabat sebagai Ketua TP PKK Gianyar saat sang suami menjabat sebagai Bupati. Berikutnya, ia juga memberi penjelasan singkat tentang keberadaan BKOW sebagai wadah bagi berkumpulnya organisasi wanita yang ada di wilayah Provinsi Bali. “Ini bukan organisasi struktural, tapi koordinasi dan kerjasama. Jadi sifatnya tak memaksa,” ucapnya. Kendati hanya sebagai wadah koordinasi dan kerjasama, menurutnya BKOW memegang peran strategis dalam mensinergikan program kerja berbagai organisasi wanita. Selain itu, BKOW fokus pada misi peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya kaum perempuan. “Secara prinsip, kami merupakan partner pemerintah dalam mendukung berbagai program pembangunan, utamanya yang terkait dengan upaya memajukan kaum perempuan,” katanya.

Mengingat strategisnya fungsi lembaga ini, ia mempertanyakan keberadaan GOW di Kabupaten Gianyar. Ia sangat berharap, Gianyar dapat segera membentuk lembaga ini. Ia pun memberi gambaran bahwa mengikuti pola yang berlaku di pusat, istri dari Wakil Kepala Daerah ex officio menjabat sebagai Ketua Umum BKOW di tingkat Provinsi dan Ketua GOW di level Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan itu, Ny. Cok Ace juga memberi apresiasi terhadap kinerja dan capaian yang ditunjukkan oleh Ketua TP PKK Gianyar beserta jajaran. “Luar biasa program dan capaiannya, sangat menginspirasi,” ucapnya.

Ketua TP PKK Gianyar Dayu Surya Mahayastra menyampaikan selamat datang dan sangat berterima kasih atas kunjungan jajaran BKOW Bali. Terlebih, Ny. Cok Ace bukanlah sosok asing di lingkungan Pemkab Gianyar. Menjawab harapan Ny. Cok Ace terkait pembentukan GOW di Gianyar, pada prinsipnya ia beserta jajaran senantiasa mendukung program dan kebijakan Pemprov Bali. Sebagai orang yang telah lama berkecimpung dalam organisasi kewanitaan di Pemkab Gianyar, perempuan yang juga menjabat sebagai Kadisnaker Gianyar ini menyampaikan bahwa sepengetahuannya GOW sempat ada dan aktif berkegiatan. Namun ia mengakui bahwa keberadaannya saat ini tengah vakum.

Menindaklanjuti harapan Ny. Cok Ace, ia akan segera melakukan koordinasi internal dengan OPD terkait tentang pembentukan GOW. “Kami akan adakan rapat dahulu, termasuk dengan organisasi wanita. Sebab dukungan dari organisasi wanita sangat kami perlukan, agar jangan sampai nantinya GOW Gianyar terbentuk tapi hanya berupa nama saja,” urainya. Sependapat dengan Ny.Cok Ace, ia menyampaikan bahwa keberadaan GOW punya peran yang sangat strategis dalam mendorong sinergi organisasi kewanitaan di kabupaten/kota.

Usai pertemuan di Kantor Bupati Gianyar, Ny. Cok Ace juga berkesempatan mengunjungi Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar. Dayu Surya Mahayastra yang juga adalah Bunda PAUD Gianyar menjelaskan, TPA Negeri Gianyar diresmikan 16 September 2022. Ditambahkan olehnya, ini merupakan TPA milik Pemerintah Kabupaten Gianyar dan menjadi satu-satunya TPA negeri di Bali. TPA yang berada di kawasan perkantoran Pemkab Gianyar ini menampung anak-anak pegawai di Gianyar, dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap serta dukungan pengasuh anak. TPA memiliki sejumlah fasilitas seperti taman bermain dan belajar, ruang makan, ruang tidur, serta ruang perawatan.Setelah melihat langsung keberadaan TPA milik Pemkab Gianyar itu, Ny. Cok Ace menyebutnya sebagai langkah yang sangat baik dan patut didukung.

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel

klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *